GO UP
Image Alt

Air Terjun Neraja

Discover Air Terjun Neraja

Orang kerap memanggilnya dengan sebutan Air Terjun Neraja, tetapi tidak sedikit juga yang menamainya Air Terjun Ulu Maras. Anda sendiri terserah mau menyebut yang mana. Satu yang pasti, kalau Anda mengunjungi air terjun ini, bakal terkesima dengan lanskapnya yang memesona.
Terletak di Desa Ulu Maras, Kecamatan Jemaja Timur, air terjun ini termasuk jadi salah satu ikon terdepan wisata alam yang ada di Anambas, selain Air Terjun Temburun dan Air Terjun Air Bunyi. Posisinya persis di tengah-tengah pegunungan di Desa Ulu Maras yang lebat ditumbuhi pepohonan hutan tropis dan perkebunan warga.
Tidak dipungut bayaran sepeser pun utuk masuk ke lokasi air terjun ini. Alias gratis. Jadi siapa saja bisa masuk dan menikmatinya dengan mandi, berendam dan berenang di kolamnya. Ada dua kolam yang terbentuk alami di air terjun ini. Satu di areal atas, dekat dengan puncak air terjun, satu lagi berada di sisi bawah. Dua-duanya, berluas kurang lebih sama, sekitar 10Mx10M.
Anda sendiri kalau sudah sampai di sini, rugi bila tidak segera bergegas bermain-main di airnya yang bening dan kehijau-hijaun. Dari puncak paling atas, air yang tumpah mengalir cukup deras, mengisi ke celah-celah kosong, di sela-sela batu hitam kecoklatan yang berada di sepanjang tebing.
Sisi kanan dan kiri alirannya, berjajar pepohonan hutan beraneka jenis dan ukuran. Cukup lebat sehingga membuat suasana di sekitaran air terjun bertambah sejuk. Keasriannya makin terasa sempurna oleh bunyi gemuruh air yang menghantam permukaan batu, terutama di area tempat air terjun itu berada.
Bagi Anda yang menyenangi aktifitas menjelajah alam terbuka, air terjun ini sebenarnya menawarkan petualangan yang menantang. Anda bisa mendaki puncaknya yang paling atas melalui jalan setapak yang ada di sisi kiri. Setelahnya, coba saja susuri alirannya hingga ke lokasi sumber mata air. Tapi tentu, untuk melakukan aktifitas itu, Anda harus menyiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari .
Meski berada di tengah-tengah hutan, air terjun ini sudah dilengkapi dengan kamar ganti (toilet) yang berada di sisi bawah serta sebuah area parkir di samping pintu masuk. Pemerintah setempat bahkan membangun tiga gazebo sederhana, tepat di sisi kiri, berdekatan dengan kolam yang paling bawah. Ada juga tangga berundak berlebar dua meteran untuk memudahkan para pengunjung naik ke puncak paling atas.
Hanya, kalau Anda berkunjung ke sini, jangan lupa membawa bekal yang cukup. Soalnya, tidak ada satu pun kedai atau warung yang menjajakan makanan dan minuman di sana. Satu lagi, pastikan kamera atau handycam terlisting dalam bawaan wajib. Sebab, rugi rasanya, bila sudah sampai di air terjun cantik ini, tapi Anda tidak memiliki satu pun slot atau foto yang merekam momen-momen terbaik selama di sana.

Menuju ke Sana

Dari Letung, Anda bisa naik sepeda motor atau mobil kalau ingin menuju ke Air Terjun Neraja, dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Dari ibu kota Kecamatan Jemaja itu, ambil jalur jalan yang menuju ke Desa Ulu Maras. Sampai di pertigaan desa, ketika sudah melihat plang bertuliskan “Air Terjun Neraja,” berbeloklah dan ikuti jalan itu terus. Dari jalan utama itu, Anda harus menempuh lagi perjalanan sekitar 15 menit, melalui jalan sempit, tak beraspal yang dikepung pepohonan tropis, sebelum akhirnya tiba di lokasi air terjun.