GO UP
Image Alt

Pantai Padang Melang Anambas

Discover Pantai Padang Melang

Pantai Padang Melang adalah pantai yang memikiki garis pantai terpanjang di Kepulauan Riau. Bentangan pasirnya menerabas hingga dua wilayah, Kelurahan Letung dan Desa Bukit Padi , dengan panjang total delapan kilometer. Hebatnya, sepanjang garis pantai ini, seluruhnya ditaburi permukaan pasir yang putih dan berbulir halus.
Anda, kalau bertandang ke pantai ini, tak hanya takjub dengan panjangnya garis pantai, airnya yang jerih adalah pesona lain yang menyempurnakan keindahaan pantai ini. Apalagi gelombang lautnya sangat tenang. Sebuah destinasi berlibur yang ideal bagi para pecinta wisata pantai.
Makin diamati, makin kentara pula keelokan pantai ini. Bagaimana tidak, di sepanjang punggung pantai yang berlanskap melengkung laiknya tapal kuda ini, bertumbuh lebat ribuan pohon kelapa, yang berjajar rapi dan menjulang tinggi. Sebagian, dipagari pohon cemara yang berbatang besar dan rindang.
Di antara pepohonan cemara dan kelapa inilah, berdiri deretan gazebo tempat pengunjung rehat, bersantai menikmati pemandangan berupa hamparan laut biru yang bergradasi warna kehijau-hijauan yang ada di hadapan. Sebagian, menggunakannya sebagai area bersantap sembari merasakan terpaan angin laut yang berhembus tenang dan lembut.
Selain gazebo, pantai ini di beberapa sudutnya, berdiri kedai-kedai sederhana yang menjual aneka makanan dan minuman, termasuk air kelapa muda. Terdapat kamar ganti dan toilet. Bahkan tersedia juga surai kecil milik warga tempatan yang bisa Anda gunakan untuk shalat.
Sayangnya, belum tersedia fasilitas penunjang yang terbilang memadai di pantai ini. Toh begitu, Anda tidak bakal kehilangan momen untuk bersenang-senang dan menikmati keeksotikannya dengan melakukan berbagai aktifitas olahraga pantai seperti bermain bola volley, mandi, berenang bahkan bermain sepak bola.
Menyusuri pantai juga jadi aktifitas yang direkomendasikan. Anda bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau kalau tidak mau kelelahan, gunakan saja sepeda motor. Warga setempat termasuk wisatawan domestik, lebih senang menyusur pantai dengan cara yang tersebut terakhir, karena dianggap lebih nyaman dan mengasyikkan. Sejak lama, pantai ini memang dikenal memiliki permukaan pasir yang halus tetapi padat, jadi aman untuk dilintasi sepeda motor atau mobil sekali pun.
Pada hari-hari biasa, pantai ini tampak sunyi, hanya ada satu atau dua kelompok pengunjung yang terlihat tengah berenang, bermain-main di tepiannya. Kalaupun terlihat agak ramai, biasanya saat sore menjelang, saat bocah-bocah tempatan asyik bermain bola kaki di bentangan pasirnya yang lapang.
Tapi ketika memasuki akhir pekan atau pada saat libur nasional, suasana pantai ini berubah gegap gempita, ditumpahruai pengunjung. Mereka tidak saja dari kampung-kampung di sekitaran Pulau Jemaja, tetapi datang dari pulau-pulau lain termasuk pengunjung dari luar Kabupaten Anambas.
Tidak tersedia penginapan atau cottage di sekitaran pantai ini. Kalau ingin menginap, silakan bermalam di rumah-rumah penduduk di sekitaran pantai. Tetapi, sangat direkomendasikan, Anda membawa tenda sendiri dan dirikan dimana-mana lokasi yang dianggap terbaik. Saat malam, dari keterangan penduduk setempat, atmosfir yang disuguhkan pantai ini sangat eksotik. Terlebih kalau tengah bulan purnama dan langit tak dihinggapi awan. Hmm…sempurna!

Menuju ke Sana

Dari Kota Letung, Pantai Padang Melang bisa dijangkau menggunakan sepeda motor atau mobil. Tidak butuh waktu lama, hanya sekitar setengah jam, menempuhi jalan utama Letung-Kuala Maras. Jalan menuju ke sana terbilang nyaman, sudah beraspal dan di sepanjang perjalanan Anda bakal disuguhi pemandangan berupa rumah-rumah kampung serta perkebunan milik warga setempat.

Pantai Padang Melang sebenarnya bisa digapai juga via laut. Dari Kota Tarempa, dapat ditempuh sekitar dua jam. Namun, pilihan ini tidak direkomendasikan sebab belum ada dermaga di Pantai Padang Melang, sehingga kapal atau pompon yang Anda tumpangi bakal sulit merapat ke darat.